Home » » Pencegahan dan perawatan radang amandel

Pencegahan dan perawatan radang amandel

Written By Cara Mengobati on Rabu, 14 Juni 2017 | 23.00.00

Pencegahan dan perawatan radang amandel - Amandel adalah sepasang massa jaringan lunak yang terletak di kedua sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel membantu perangkap bakteri dan virus saat memasuki tubuh melalui tenggorokan. Tonsilitis adalah pembengkakan amandel dan sering terjadi pada anak-anak, terutama antara usia 3 dan 7 tahun, namun tonsilitis dapat terjadi pada siapa saja.

Pencegahan dan perawatan radang amandel



Peradangan akibat tonsilitis mungkin melibatkan kelenjar gondok (dua massa jaringan di belakang tenggorokan). Tonsilitis bisa berkisar dari ringan sampai sangat parah, dan pengobatannya tergantung pada penyebabnya. Amandel yang membesar dan kelenjar gondok juga merupakan penyebab utama sleep apnea (masalah pernafasan saat tidur), terutama pada anak-anak.

Diagnosa

Jika Anda mengira Anda menderita tonsilitis, dokter Anda akan memeriksa tenggorokan Anda, periksa kelenjar yang bengkak di leher Anda dan tanyakan tentang gejala Anda. Dokter Anda mungkin juga melakukan tes seperti swab tenggorokan atau kerja darah untuk menyingkirkan infeksi.

Perawatan

Pengobatan tonsilitis tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan tonsilitis. Jika tonsilitis Anda disebabkan oleh bakteri, dokter Anda akan meresepkan antibiotik untuk Anda. Penting bagi Anda menyelesaikan keseluruhan rangkaian terapi antibiotik dan mengambil antibiotik seperti yang diarahkan untuk menghindari infeksi ulang.

Tonsilitis karena radang tenggorokan menular, namun masa menular biasanya berakhir setelah 24 jam pertama terapi antibiotik. Secara umum, radang tenggorokan mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan setelah dua sampai tiga hari terapi antibiotik, namun Anda harus menyelesaikan keseluruhan rangkaian terapi.

Jika amandel Anda disebabkan oleh virus, tubuh Anda akan melawan infeksi itu sendiri. Dokter Anda mungkin menyarankan cara untuk mengurangi rasa sakit, seperti minum cairan hangat atau sangat dingin atau berkumur dengan air garam hangat.

Dokter Anda akan menentukan pengobatan terbaik sesuai kebutuhan Anda. Untuk episode tonsilitis yang sering atau untuk amandel yang membesar yang menghambat pernapasan, seperti pada apnea tidur, dokter Anda mungkin menyarankan pembedahan untuk mengeluarkan amandel. Operasi ini disebut tonsilektomi. Kebanyakan orang pulang beberapa jam setelah operasi dan biasanya pulih dalam tujuh sampai 14 hari.

Pencegahan

Sementara semua kasus tonsilitis tidak dapat dicegah, Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena tonsilitis dengan sering mencuci tangan dengan air hangat dan sabun untuk mencegah penyebaran infeksi. Pembersih tangan berbasis alkohol dapat digunakan saat air tidak tersedia. Langkah pengendalian infeksi yang baik termasuk desinfeksi permukaan rumah tangga.

Baca juga dong artikel lainnya : Obat amandel di apotik
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat